Kopi

Arabica Ratamba dengan Beberapa Proses.

January 19, 2016
Proses Pengupasan Biji Kopi di Desa Ratamba Banjarnegara
Proses pengupasan Biji Kopi di Ratamba Banjarnegara

Proses Pengupasan Biji Kopi di Desa Ratamba Banjarnegara

Biasanya yg dilakukan oleh petani Ratamba adalah semi washed, yaitu pola prosesing kopi yg sederhana. Petik, kupas , fermentasi , cuci lalu keringkan.
Tadi siang kami sharing pola prosesing yg baru bagi mereka. Yaitu honey proses dan natural.

Honey; petik, rendam, kupas lalu keringkan. Pola ini dipake supaya dapat rasa manis pada kopi. Emang lebih lama, sebab masih ada lendir nempel. Pola ini juga bisa alternatif jika di lokasi susah air.
Natural : petik, rendam lalu keringkan. Pola ini biasa digunakan oleh bbrp petani di ethiopia, susah air membuat proses ini jadi pilihan yg simpel. Tapi justru manisnya dapat.
Proses Pengupasan Biji Kopi di Desa Ratamba Banjarnegara

Proses Pengupasan Biji Kopi di Desa Ratamba Banjarnegara

Ratamba ada di lokasi utara banjarnegara, kurang lebih 1 jam dari kota Banjarnegara. Kopi cukup banyak di desa Ratamba, tersebar di beberapa kebun. Ratamba sendiri artinya Rata : rata dan Amba : luar, artinya rata dan luas.
Ada kurang lebih 250 petani, rata2 tiap petani punya kebun 100-400 pohon kopi. Perlu 1 jam menanjak dr desa menuju kebun kopinya.
Buat Anak Cucu Kami
Pak Harjono dengan semangat dia bercerita ttg gimana cara menanam hingga proses pengupasan biji kopi. Kami nanam kopi karena untuk nanam kentang kami butuh biaya besar. Tenaga di kampung, sudah langka dan mahal. Misal tenaga buat mencangkul, tenaga buat memanen kentang dan paling parah ketika harga ketang jatuh .
Kami mencoba peruntungan dengan menanam Kopi, semoga dengan kopi tidak hanya ekonomi kami yg tumbuh..tapi tanah kami tidak longsor.
Info saja,sekitar wilayah desa ini sering sekali longsor,sebab tak ada tanaman yg akarnya kuat. Akar kuat bisa dengan kopi atau pohon2 besar lainnya. Oya, kopi tanaman Hutan, jadi butuh penanung. Rencana tidak hanya kopi saja yg ditanam, belajar apa yg dilakukan Pak nengah di Bali, mereka tertarik memanam jeruk buat pohon penanung demi untuk anak cucu kami “ kata Pak harjono”.
Kopi Kok Rasa Teh ?
Lalu sekali ini petani mencicipi kopi yg mereka tanam sendiri. Kopi arabica Ratamba yg mereka tanam, diproses dengan Semi washed dan kami roasting di Light roasted. Semalam kami brewing dengan v60 dan bikin espresso. Yg difoto ini,beliau lagi mencicipi kopi Arabica Ratamba yg tanpa pahit sama sekali. Bahkan mereka bisa menemukan rasa manis dan ada rasa teh yg muncul.
Moment Saat Petani mencicip kopi yg murni

Moment Saat Petani mencicip kopi yg murni

Lalu pertanyaan mereka muncul , KOk bisa mas ?
Kami sharing gimana perubahan rasa ketika kopi diroasting, lalu efek terhadap kopi. Lalu mereka sadar,selama hidup mereka..tak pernah minum bener-bener kopi.
Biasanya kopi kami campur Gula…sebab kopi pahit. Dengan menjelaskan profile roasting, mereka akan sadar gimana pentingnya petik merah. Mempelakukan kopi, mulai dari panen , menjaga kebun hingga pascapanen.
Semangat mereka tinggi, hari ini misal…mereka membangun dome buat kopinya lebih baik.
Klinik Kopi

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply