Kopi

Pascapanen Kopi Giling Kering

September 23, 2015
Giling kering

Giling kering

Oke,kira-kira begini. Kami banyak belajar dengan apa yg dilakukan Klasik Beans dengan kopinya. Sampai saat inipun, kami masih terus belajar gimana pengolahan kopi yg bagus dan bisa diterapkan di Petani Kopi.
Beberapa hari yg lalu Pak Eko, (founder Klasik Beans) memposting gambar diatas di wall facebook. Maka kami tertarik untuk mendokumentasikan lewat blog kami.
Prosesnya kurang lebih demikian :

  1. Petik : Panen bener2 biji kopi petik merah. fase ini kami sepakat, bahwa kopi yg enak hanya ketika kopi itu berwarna merah.
  2. Rendam dan sortasi, : Fungsinya direndam adalah membunuh hama-hama (broka) yg ada dalam biji kopi. Dan juga memisahkan antara yg bagus dan mana yg ga bagus. Yg ga bagus (kopong) maka akan mengambang. Lalu pisahkan. Jadi, mau proses natural,semiwashed full washed atau honey, semua melalui proses perendaman biji kopi.

    Proses rendam Kopi

    Proses rendam Kopi

  3.  kupas
  4. Sortasi bbrp biji kopi yg cacat ( ga sempurna,mungkin terkena mesin pengupas).
  5. Kulit kopi (cascara bisa buat kompos)..atau bisa buat wine cascara, atau di jemur langsung saja.
  6. Fermentasi ( kurang lebih 24 jam)
  7. Cuci lagi
  8. Sortasi sambil dicuci
  9. Pengeringan (masukan dome),sambil sortasi yaaa..
  10. sambil mbolak balik biji kopi sambil sortasi.
  11. lalu,diamkan 3 bulan ( pola ini diterapkan di Klasik beans), kita tahu..sweetmaria, bluebottle ambil juga ke Klasik beans…anyway, 3bulan cukup lama juga ternyata. Ini fase dimana kopi bener2 jadi lebih kering maksimal. Info saja, untuk aromanis itu membutuhkan resting 6 bulan supaya green beansnya bagus. ( Bagi yg kurang detail, bisa kontak kami via sms/tlp 081392784240)
  12. Dry Hulling , maka inilah yg disebut giling kering. Gabah kopi yg didiamkan 3 bulan lalu dikupas kulit tanduknya. Dari proses hulling jadi green beans, biasanya ada resting bbrp minggu baru disortasi.
  13. Sortasi
  14. Sortasi dengan manual (tangan)
  15. Masukin karung, kirim ke warung2 kopi….
Selesai…
Keterangan diatas adalah, cara yg biasa dilakukan oleh klasik beans untuk memproses kopi.
Bagi kami, Klasik beans adalah tempat kuliah kami. Dari sana, kami belajar banyak hal terutama soal pemprosesan biji kopi. Kami masih belajar memproses kopi, hingga sampai saat ini tulisan ini kami post, kami masih belajar terus.
salam
Klinik Kopi

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply