Kopi

Mau dimana sih kalian ??

July 4, 2016
klinik kopi
Pendampingan kopi dari Klinik kopi di Puncak Suroloyo

Pendampingan kopi dari Klinik kopi di Puncak Suroloyo

Kopi banyak banget peluang untuk bekerja, berkreasi atau untuk bersenang-senang. Profesi yg kadang ga terduga bisa muncul dari biji kopi. Ini hanya profesi yg kami tahu dalam dunia kopi.

– Surveror : Adalah orang yg dibayar untuk keliling dari satu gunung ke gunung lainnya untuk pemetaan bakal kebun untuk nanam kopi. Profesi ini ada di indonesia, tapi jarang yg tahu soal ini. tugasnya adalah melihat apakah wilayah itu cocok buat nanam kopi ? apakah wilayah itu cocok untuk memproses kopi. Profesi ini ada di indonesia, meski tak banyak ..kami kenal bbrp orangnya. Suka jalan-jalan, bawa hand grinder, bawa alat roasting manual dan bawa alat manual brew lainnya. Selai itu bawa alat pengukur ketinggian, dan pasti bawa kompas dan maps.
NagariLasi-4-LR
-Prosesor kopi : Ini adalah bagian cukup penting dalam matarantai kopi. Orang yg ngeproses kopi. dari tangan beliaulah kopi enak dimulai. Dari petik, pencucian, pengeringan ,hingga jadi green beans. Ada bbrp petani kopi sekaligus yg ngeproses kopi. Tapi biasanya kalo prosesor kopi punya kebun dan nanam sendiri. Sekarang mulai banyak orang yg ngeproses kopi…dan peluang ini masih besar. Wilayah indonesia timur masih belum profesi ini…
– Tengkulak kopi : Cukup penting juga ini, beliaulah yg membeli kopi dr petani dan mendistribusikan ke warung-warung kopi. Tanpa ada dia, pasti koleksi warung kopi pasti terbatas dan bahkan ga ada kopi. Di bbrp negara trader kopi banyak. Menjual ber ton-ton hingga mendristribusikan ke gerai-gerai atau small roastery. Ada yg awalnya trader hingga akhirnya terjun jadi petani/prosesor kopi.
-Roaster : salah satu profesi yg cukup banyak sekarang di indonesia. Ada bbrp teman kami yg konsisten meroasting kopi. Tanpa jadi tukang seduh, tanpa jadi jualan kopi. Hanya konsen di roasting. Profesi ini sangat menarik, meroasting berkilo-kilo dan memprofile bbrp kopi sesuai orderan. Ketemunya selalu api,temperatur dan aplikasi roasting. Roaster akan selalu ketemu dengan barista dan ketemu oleh prosesor kopi/petani. Bisa dibilang ini jembatan kopinya.
DSCF0930
-Barista : U knowlah, ketika semua orang bisa bikin kopi untuk dirinya sendiri, artinya udah bisa bikin kopi untuk orang lain. profesi ini sekarang mulai banyak, ini ditandai dengan avatar IG dengan mengenakan apron barista…tak sedikit, tapi banyak banget lho.
-Moto Kopi : Nah, untuk medelivery pesan kopi. Tukang motret sangatlah penting peranannya. Bbrp orang sekarang tukang motret kafe, motret kopi dan motret kebun kopi. Biasanya dengan modal kamera digital udah bisa berbisnis.
Nah, sebenarnya masih banyak…ada cupper (tukang icip), Penulis artikel kopi, sutradara fil kopi dll.. ..tapi kami kupas lain kali saja..
sekarang pertanyaannya, mau dimana kalian ?
salam
Klinik Kopi

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply