Klinik kopi

Banjarnegara, mulai nanam kopi.

Kopi senggani Banjarnegara

Kopi senggani Banjarnegara

Bagi kami, Beliau adalah sosok kunci dari penyebaran bibit kopi di area banjarnegara. Perkenalkan, Pak Basar Namanya. Usianya sudah tidak muda lagi, tapi soal semangat kami jelas kalah,meski kami masih muda. 
Beliau ambil bibit kopi dari pangalengan, Pak Basar salah satu yg dipercaya oleh Indonesia power untuk konsen ke konservasi hutan dan tanaman pangan. Beliau keliling dari area Karangkobar, Ratamba , pegundungan hingga area dieng. Sangat hapal betul dimana kopi dia kasih ke warga dan ditanam.
Beliau juga yg memberi bibit ke bbrp warga tahun 2013 untuk ditanam sebagai pohon atau tanaman. Cuman satu kata yg keluar dari beliau soal ditanya kopi “ kami mau hutan kami hijau lagi mas”. Itu kenapa kami nanam kopi. Kentang, wortel bagus buat keseharian, tapi tanaman kopi ternyata celah2nya bisa ditanam sayur lainnya. Kami percaya kopi.

kami tidak melulu soal ekstrasi, timbangan brewing, konsistensi brewing, roasting, …tapi kami lebih tertarik orang-orang dibalik kopi,  gimana kopi bisa tumbuh dan menyebar hingga jadi hutan hijau lagi….salah satunya kami belajar dr Sosok Pak Basar.. nb : dalam frame, Pak Basar yg pake kaos Merah.
Klinik Kopi

Leave a Reply