Klinik kopi

Tempat sendiri atau sewa ?

klinik kopi

klinik kopi

 

Konsep rumah tumbuh di dasari emang karena uang kami terbatas. Ga bisa bikin rumah sekali jadi dengan glontoran uang banyak. Cara bikin rumah gimana ? ya dengan rumah tumbuh dan bertahap baru kami bisa.
Kami membangun rumah ini pada 2011, kira2 bulan agustus. Itu masih bangunan yg bawah. Bangunan yg akhirnya buat nyeduh kopi, buat roasting dan bikin kue.
dari tahun 2011 hingga 2014 bangunan masih apa adanya, belum kami desain dengan serius. Masuk 2013-2014 baru kami membangun selasar bagian depan. Konsep bayangan kami, akan ada warung dan orang duduk lesehan di depan (red -seperti yg sekarang terjadi). nabung dan menyisihkan uang jualan kopi, 2015 baru bisa mambangun lantai 2. Proses pengerjaan ga bisa semua. Kami hanya membangun atap dan lantai, selang bbrp bulan baru bikin kamar mandi, masang korden dll. Hingga seperti sekarang.

Sandang, pangan, papan….itu slogan-slogan yg kami baca dari buku2. Tapi bener, Papan (tempat tinggal) adalah pokok, lebih2 yg sudah berkeluarga. Sebab, tanpa berfikir punya papan…akan ribet nantinya,sebab tak selamanya kita sewa.

 

Klinik Kopi

Leave a Reply