Klinik kopi

Dari mana memulai Bisnis Kopi ??

Klinik Kopi

Klinik Kopi

Dari mana sih cara memulai bisnis kopi ? Ga cuman bisnis kopi kok, tapi pada dasarnya sama. Suka dengan apa yg dikerjakan. Misal udah suka, akan lebih mudah jalannya dibanding tidak suka.
Ada pertanyaan, mas kalo uang terbatas gimana ? ” ya dengan seadanya saja “, misal cukup grinder, alat seduh lainnya. Jangan terlalu jor2an untuk usaha awal. Ada dua hal yg krusial sih sebenarnya.
Pertama indenpendent : jelas, misal dana terbatas, saran kami gunakan yg ada. Bahwa nambah alat kopi, grinder, mesin roasting adalah selanjutnya.  Keuntungan indenpendent adalah kita bebas ambil waktu libur dan konsep. Capek tinggal libur, kalo rugi ditanggung sendiri. Emang berat, tapi kalo dilakukan serius, waktu akan menjawab kok.

Kongsi : atau istilah jawanya patungan atau bikin usaha rame2. Keuntungannya ? Jelas hasilnya sedikit karena dibagi banyak orang dalam warung tadi. Keuntungannya adalah cenderung suntikan dana cenderung ada banyak, tapi juga potensi retak juga banyak. Pembagian hasil usaha ga imbang, maka akan menghasilkan konflik baru. Usahakan kongsian jangan banyak2, 2-3 orang sudah cukup. Jangan lebih 5-8 orang ( kayak futsal saja). Semakin banyak yg nanam modal, maka banyak kepentingan… u knowlah, semakin banyak kepentingan banyak ide2 liar.
Kedua hal itu ada baik dan buruknya, tak selalu sendiri bisa bertahan, dan tak selamanya kongsian akan lancar. Semua dimulai dr cara memandang bisnis kopi mau gimana ?

Leave a Reply