Kopi

Kopi Pahlawan dari Desa Sembalun Nusa Tenggara Barat

October 9, 2014
Kopi sembalun

Kopi sembalun

 

Gue suka kopi, tapi cuma tau arabika dan robusta, titik”
“Gue cuma tau kopi item, titik”
“Oke, kita sama-sama bego, mari kita riset!”

 -Reman & Maryam, awal 2013

Itulah petikan Reman Dan Maryam saat awal-awal pindah ke Sembalun. Jadi, di kopi kita sama-sama belajar, sama halnya Klinik Kopi juga belajar dan masih belajar untuk menyajikan kopi yg bagus dan sehat.

Kami bersapa dengan Mbak Maryam bulan agustus, selepas kami presentasi kopi lencoh di Jakarta. Dari seorang kawan kami mendapat kontak mbak Maryam. Gayung bersambut, email kamipun dibalas dengan cepat dan disertakan nomer whatsapp untuk komunikasi dengan mudah.  Sembalun adalah salah satu desa di Lereng Gunung Rinjani.  Kami sendiri baru akan ke Sembalun bulan November, jadi belum bisa banyak nulis panjang soal tempat ini.

Green beans yg bagus, akan menghasilkan rasa yg nikmat. Plus ditambah paska panen dengan penjemuran dome membuat rasa kopi lebih kaya. Oya, beginilah green beans Kopi dari Desa Sembalun.

Kopi Sembalun

Kopi Sembalun

kopi Sembalun

kopi Sembalun dengan dome proses penjemuranya.

kopi Sembalun

Proses pengupasan kopi Sembalun

kopi Sembalun

Espresso kopi Sembalun

kopi Sembalun

Crema kopi Sembalun

 

Biji kopi kami roasting di dua profile roasting, yang pertama di level medium roasted ( first crack finish with 210 Celcius) dan yang satu kami roasting dilevel full city (mendekati second crack dengan suhu 220 celcius).

Proses dengan full wash, jenis kopi tipica.

 

salam

Klinik Kopi

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply