Klinik kopi

Festival Kopi Sumatra Barat 2015

Pertama kali kami dapat email  dari “Dinas Perkebunan Sumatra Barat”, kami sempat terkejut.  Isi emailnya kurang lebih memberitahukan perihal acara “Festival Kopi Sumatra Barat 2015” yang akan diselenggarkan pada tanggal 18 di Padang, Sumatra Barat. Hanya itu saja, pemberitahuan detail akan di kirim di email selanjutnya berserta pernik-pernik lainnya ( tiket dll).

Ini lebih dari sekedar festival kopi. Menurut kami apa yang ditawarkan di dalamnya jauh lebih mendalam, di mana ketika petani dan Dinas Perkebunan bersinergi dan saling bekerjasama memperkenalkan kopi lokal ke khalayak ramai. Pergerakan kebangkitan kopi Minang semakin bisa dirasakan.

Lalu, bagaimana kami bisa mendapat kehormatan untuk terlibat dalam event kopi bergengsi di Sumatra Barat ini? Awalnya Klinik Kopi membuat acara kecil-kecilan di Nagari Lasi, bertempat Istana Rakyat pimpinan Pak Suardi. Acara sederhana yang disebut Pesta Kopi Nagari Lasi ini kiranya hanya sekedar minum-minum kopi, namun Pak Suardi menggarapnya lebih serius, diundangnya banyak pihak, termasuk Dinas Perkebunan. Kami pun bersua dengan perwakilan Dinas Perkebunan, dari situ pembicaraan melebar ke sesuatu yang lebih serius. Pihak Dinas Perkebunan yang diwakili Pak Fajar mengajak Klinik Kopi untuk terlibat dalam pengembangan kopi di tanah Minang.

Dari sekian trip kopi, baru kali ini kami menemukan Pemda yg sangat membantu sekali apa yang di lakukan petani kopi. Partisipasi kami dalam Festival Kopi Sumatera Barat bisa dibilang sebagai langkah berikutnya dalam proyek pendampingan petani kopi Minang.

 

Dengan Festival Kopi Sumatra Barat 2015, kami berharap akan muncul kopi-kopi baru dari beberapa wilayah di Sumatra barat. Sejauh ini, single origin kopi Minang yang @klinikkopi miliki berasal dari Nagari Lasi – Bukittinggi, Aie Dingin – Solok, dan Balingka. Semoga di acara Festival Kopi Sumatra Barat 2015 kami membawa banyak kopi lagi untuk diseduh di @klinikkopi.

Festival Kopi Sumatra barat 2015

Festival Kopi Sumatra barat 2015

 

Salam

Klinik kopi

 

*note: Festival Kopi Sumatera Barat akan berlangsung di Gedung Pertemuan Sapta Marga, Jl. Sudirman, Kota Padang.

Leave a Reply