Kopi

Kopi Nagari Lasi Bukittinggi Sumatra Barat

November 29, 2013
kopi bukittinggi

kopi bukittinggi

Di sebuah desa kecil itu biji2 kopi tumbuh. Dengan ukuran lebih besar dan texture kulit yg lembut. Taka da hama sama sekali yg nempel pada daun atau pohon trsb. Berdampingan dengan pohon jeruk dan sesekali tumbuh sayuran seperti sawi, cabe dan wortel. Dimana saya berdiri sore itu saya melihat di altitude meter ( alat pengukur ketinggian) dan saya berdiri di 1350 mdpl, di desa Nagari Lasi Bukittinggi. Angin sore itu cukup kencang, udara mulai dingin dan matahari masih bersinar kuat.

 

Pak Nasril, dia salah atu petani kopi yg masih tersisa di Nagari Lasi. Rumahnya tepat diujung desa. Ini salah satu desa terakhir sebelum naik ke Gunung Marapi Bukittinggi Sumatra Barat.

kopi bukittinggi

kopi bukittinggi

kopi bukittinggi

kopi bukittinggi

kopi bukittinggi

kopi bukittinggi

Pada jamannya, Bukittinggi adalah pusat kota di Sumatra Barat. Maka tak jarang disini ada pasar yg menjual hasil olahan sekitar Sumatra barat. Payakumbuh missal, banyak Kayumanis, Coklat dan kopi. Belanda membuat tanam paksa disini,bahkan sisa2 pohon kopi masih ada di bbrp titik di Desa Nagari Lasi.

kopi bukittinggi

kopi bukittinggi
kopi bukittinggi

kopi bukittinggi

Sumatra Barat Dan Kopi

Kota bukittinggi di ketinggian 900 mdpl, cuaca dingin baik pagi,siang lebih2 malam. Kota yg dikelilingi bukit dan gunung membuat kota ini selalu diselimuti kabut tebal. Soal kopi, tanah ini cocok banget untuk tanaman kopi jenis Arabica. Ada solok, Padang panjang ,Payakumbuh Dan Bukittinggi. Di kota inilah saya akhirnya ketemu dengan kelompok tani “istana Rakyat”. Dimana ditempat ini semacam kantornya petani disini. Tanpa pupuk kimia,lestari dengan alam..sejalan dengan konsep dr klinik kopi.

Agak miris juga ketika banyak warga disini lebih suka mengkonsumsi kawa (the daun kopi) dibanding kopi itu sendiri. Selanjutnya, proyek klinik kopi adalah membuat klinik kopi di Bukittinggi.

Oh iya, ini hari2 terakhir klinik kopi di Bukittinggi….siang ini musti naik ke lahan dan bertemu petani kopi lagi…sampai jumpa di postingan berikutnya.

 

Klinik Kopi.

 

You Might Also Like

2 Comments

  • Reply aad December 19, 2013 at 3:34 am

    keren, berpetualang mencari biji kopi

  • Reply Azwir_93 June 28, 2014 at 4:38 pm

    Mokasih lah tampil di wordpress.com pak haji dt katu dari dusun tonggok nagari lasi,semoga kedepan sukses

  • Leave a Reply