Kopi

Kopi Nagari Lasi makin mempesona.

January 6, 2015
Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Jeruk Nagari Lasi

Kami datang satu tahun yang lalu, tepatnya tanggal 11 November 2012. Kondisi kopi masih belum bagus, petik kopi masih campur antara merah dan hijau. Petik merah ? ini masih hal baru buat mereka, selama ini panen mereka merah dan hijau lalu dijual ke pasar. Harga kopi tidak selalu baik, petani hanya diposisi terendah, ga punya posisi tawar yg bagus, itu yang kami temui bbrp tahun yg lalu. Hari itu juga, kami memperkanalkan apa itu metode petik merah dan manfaat buat mereka dan tanaman kopi. 

tanggal 26 Desember 2014 kami ke Nagari Lasi, datang ke rumah Pak Nazril, salah satu petani yg giat nanam kopi. Di depan rumah beliau misal, hamparan pohon kopi banyak banget.  Tidak hanya kopi, ada pohon jeruk sebagai penaung.  Jeruk yg kami icip manis dan baunya wangi sekali, beda dengan jeruk yg selama ini kami jumpai di pasar.

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

10888492_741806602580134_5829647373954525983_n

 

Tidak hanya melihat, dihari pertama kami datang, kami brewing kopi dari yg dia tanam tapi kami roasting.  Kopi nagari lasi unik, kami buat medium to dark malah keluar bau coklat yg kuat, meski sedikit asam, tapi kopi nagari lasi beda dengan kopi2 lainnya.

Siang itu, angin kencang dan kamipun masuk rumah untuk brewing kopi dari Nagari Lasi. Kami bawa dua alat, pour over dan Aeropress. Hanya butuh air panas, maka Pak Nazril bisa mencicip kopi yg beliau tanam sendiri.

 

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Narzil hanya tahu proses, yaitu semi wash. Biji kopi yg petik merah, kupas lalu di cuci begini. Lalu kami juga menawarkan proses kopi yg beda. Honey proses dan Natural proses. Agak sedikit ribet sih, cuman rasa yg dihasilkan juga beda banget ketika biji kopi dibuat semi wash.

Honey dan Natural emang kudu pake dome untuk proses pengeringan, itulah di hari ketiga kami bikin dome didepan rumah Pak Narzril. ( di episode yg lain).

Kopi Nagari Lasi

Kopi Nagari Lasi

Kopi Hasil Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Kopi hasil Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Foto diatas adalah kopi dari Nagari Lasi yg diproses dengan “semi wash”, petik, kupas lalu dicuci.

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

Pak Nazril Dari Nagari Lasi

 

Bagi kami, proses mendapatkan kopi ini sangat menarik, kami tidak hanya ketemu kopi melulu, tapi soal tanah, paska panen hingga proses soal lainnya.

Pak Nazril misal, sudah nanam kopi sejak 2007, dan sekarang baru bisa memetik buah manis dari nanam kopi. Dimana tetangga lagi giat nanam tomat dan sayur, pak nazril masih bisa nanam kopi …..

Dengan kami membeli kopi dari Pak nazril, sebenarnya kita juga membangun kepercayaan warga untuk ikut nanam.

Life is too short to drink bad coffee.

Klinik Kopi

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply